by

Sunnah-sunnah Yang Bisa Kita Kerjakan Ketika Bangun dari Tidur

Bismillah.

Alhamdulillah Ashsholatu Wassalamu Alaa Rasuulillah. Amma Ba’d.

Adapun sunnah sunnah yang harus kita kerjakan ketika bangun dari tidur adalah :

1. Membasuh bekas tidur yang ada di wajah dengan tangan.

Ibnu Hajar dan Imam Nawawi rahimahumallah mengatakan bahwa hal ini termasuk sunnah, berdasarkan hadits yang shahih dari Ibnu Abbas,( hadits yang panjang).

فاستيقظ رسول الله صلي الله عليه وسلم فجلس يمسح النوم عن وجهه بيده

“Bahwa Rasulullah Shallallahu Alaihi wWasallam ketika beliau bangun dari tidurnya beliau duduk dan membasuh bekas tidurnya di wajahnya dengan tangannya….”

( Shahih. HR. Bukhari no.183, Abu Dawud dalam Sunannya no.1367, Lihat juga Fathul Baari Fii Syarhi Shahiihil Bukhari juz 1 hal.419 ,dari sahabat Ibnu Abbas radhiallahu anhu).

2. Mengucapakn Do’a.

Sebagaimana yang di katakan oleh Sahabat Abu Dzar Al Ghifari radhialalhu anhu.

كان النبيُّ صلَّى اللهُ عليهِ وسلَّمَ إذا أخذ مضجعه من الليلِ قال : ( اللهم باسمك أموت وأحيا ) . فإذا استيقظ قال : ( الحمد للهِ الذي أحيانا بعد ما أماتنا وإليه النشورُ

“Bahwa Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam apabila beliau mendatangi tempat tidurnya di malam hari beliau membaca ” Allahumma bismika amuutu wa ahya”, dan apabila beliau bangun dari tidurnya beliau membaca “Al Hamdulillahilladzii Ahyaana ba’da maa amaatanaa wa ilaihin nusyuur”( Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan kami setelah kami mati dan hanya kepadaNyalah kami di di kembalikan)”. (Shahih.HR. Bukhari no.6335, dan hadits ini banyak jalur dari para sahabat dengan lafadz yang berbeda, seperti hadits dari sahabat Hudzaifah bin Yamman dalam shahih Bukhari no.6312, 6314, 7394, Sahabat Al Barro bin Azib dalam Shahih Muslim no. 2711, dan yang lainnya).

?Keterangan :

Ada do’a yang lain yang harus kita kerjakan setiap kali kita bangun tidur, baik bangun di malam hari untuk buang hajat maupun bangun untuk shalat shubuh.

Rasulullah bersabda :

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed