by

Tetap Fokus Saat Puasa di Kantor Dengan 5 Kiat Cerdas Ini

Tidak dapat dipungkiri bahwa puasa bisa bikin konsentrasi gampang buyar karena otak yang kekurangan nutrisi. Konsentrasi yang menurun kemudian bikin produktivitas kerja Anda ikut merosot tajam. Namun jangan jadikan ini alasan bagi Anda untuk pasrah dan membiarkan pekerjaan Anda terbengkalai. Ibadah puasa Ramadan dan rutinitas bekerja harus sama berkualitasnya. Nah, bagaimana cara agar Anda tetap fokus saat puasa?

Tips menjaga konsentrasi dan tetap fokus saat puasa

Produktivitas yang menurun selama bekerja bisa menyebabkan Anda butuh lebih banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan. Ujung-ujungnya, Anda harus kerja lembur.

Sebelum hal ini terjadi, ada beberapa cara mudah yang bisa Anda coba untuk membantu Anda tetap fokus saat puasa.

1. Pastikan jam tidur Anda cukup

Jangan anggap remeh akibat kurang tidur, terutama pada kemampuan konsentrasi. Kurang tidur  mengganggu proses penyimpanan informasi sehingga Anda jadi lebih sulit untuk mengingat dan mempelajari hal baru. Kurang tidur juga menyebabkan pikiran berkabut, yang membuat Anda sulit berpikir logis.

Pastikan Anda mendapat tidur malam yang cukup, sekitar 7-8 jam. Namun pertimbangkan juga bahwa Anda harus bangun tengah malam untuk makan sahur, jadi jangan biasakan tidur larut malam. Anda justru seharusnya tidur lebih awal dari biasanya.

Biasakan untuk pergi dan bangun tidur di waktu yang sama setiap hari, termasuk hari libur. Anda bisa membuat jadwal tidur dan jadwal bangun yang disesuaikan dengan bulan Ramadan. Jika perlu, gunakan alarm untuk mengingatkan waktu tidur dan bangun.

2. Konsumsi sayur dan buah yang tinggi vitamin B, C, E dan magnesium

Perhatikan juga apa yang Anda konsumsi selama bulan Ramadan. Untuk konsentrasi optimal dan tetap fokus saat puasa pastikan Anda memperoleh asupan makanan dengan nutrisi seimbang pada saat berbuka dan sahur.

Saat sahur, pastikan Anda mengonsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin B, C, E, dan magnesium seperti jeruk, wortel, bayam dan sayuran hijau lain. Buah-buahan dan sayuran ini merupakan pendukung konsentrasi yang baik selama Anda beraktivitas seharian nanti.

3. Rutin olahraga ringan

Meningkatkan produktivitas kerja tidak cukup hanya dengan menciptakan suasana kerja yang baik, tapi juga dengan menjaga kesehatan tubuh.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed