by

Tidak Hanya Imunitas, Ini 3 Manfaat Vitamin C Yang Jarang Orang Tahu

DokterSehat.Com– Menurut Anda apa manfaat dari vitamin C? Umumnya kita sering menganggap bahwa vitamin C mampu meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh sehingga ampuh mencegah penyakit, seperti flu atau demam. Namun ternyata manfaat vitamin C tidak hanya itu saja, lho.

doktersehat-jeruk-lemonManfaat vitamin C untuk tubuh selain untuk daya tahan tubuh adalah untuk kulit dan organ, sumber antioksidan dan membantu penyerapan zat gizi lain. Penjelasan lebih lengkapnya adalah sebagai berikut:

1. Vitamin C sebagai bahan baku pembentukan kolagen

Kolagen terkenal dengan fungsinya untuk kulit dan jaringan organ lain. Vitamin C merupakan bahan baku pembentukan kolagen yang akan memengaruhi kekuatan sel pada jaringan otot, pembuluh darah, kulit dan membantu penyembuhan luka dengan mengurangi perdarahan.

2. Vitamin C mencegah penyakit akibat radikal bebas

Seperti yang kita tahu bahwa vitamin C termasuk zat yang tinggi kandungan antioksidannya. Bahkan vitamin C, E dan koenzim Q-10 kerap disebut sebagai zat antioksidan paling baik untuk tubuh. Fungsi utama antioksidan adalah melawan radikal bebas yang merupakan salah satu pemicu utama terjadinya kanker.

3. Vitamin C yang tercukupi membantu penyerapan zat besi

Zat besi adalah salah satu zat gizi yang paling rentan hilang jika ada interaksi dengan zat penghambatnya. Untuk itu asupan vitamin C, sebagai pendukung penyerapan zat besi dalam tubuh, tentu akan sangat baik pula untuk menyediakan asupan zat besi yang cukup untuk tubuh.

Nah, itu dia tiga manfaat lain vitamin C yang sangat penting untuk tubuh.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed