by

Tips Melatih Anak Agar Rajin Menyikat Gigi

doktersehat anak sikat gigi sendiri
Designed by Freepik

DokterSehat.Com– Mengajari anak untuk menyikat gigi bisa jadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Anak tidak selalu mau menyikat gigi dengan berbagai alasan. Padahal jika tidak dibiasakan sejak dini, anak dapat mengalami risiko gigi berlubang dan penyakit kesehatan mulut lainnya.

Tips mengajari anak menyikat gigi sendiri

Menyikat gigi anak bisa dilakukan sejak gigi pertama si kecil tumbuh. Namun untuk melatih anak menyikat gigi sendiri, sebaiknya dilakukan ketika anak sudah memiliki reflek menggenggam dan koordinasi tangan sudah baik, atau sekitar umur 6 bulan ke atas.

Terkadang anak merasa malas menyikat gigi karena merasa asing dengan tekstur sikat, atau kesulitan menjangkau gigi bagian belakang. Untuk membuat suasana menyikat gigi jadi lebih menyenangkan, Anda bisa mencoba beberapa trik berikut ini:

1. Biarkan anak memilih perlengkapan menyikat gigi sendiri

Anak bisa lebih bersemangat ketika menyikat gigi dengan perlengkapan yang disukainya. Pilih sikat gigi yang sesuai dengan usia anak agar tidak menyebabkan cedera saat menyikat.

2. Beri contoh yang baik

Anak selalu mencontoh sikap orang tua. Cobalah untuk menggosok gigi bersama anak untuk menunjukkan cara menggosok gigi yang benar. Anda dapat melakukannya sambil bermain agar anak semakin tertarik. Selain itu Anda juga bisa mengajak anak untuk menyikat gigi bersama di depan kaca.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed