by

Tips Mencukupi Kebutuhan Air Saat Puasa

doktersehat air putih
Photo credit: Pexels

DokterSehat.Com – Air adalah salah satu kebutuhan paling penting saat puasa meski banyak orang mengabaikannya. Kebanyakan dari kita lebih memikirkan apa yang akan dimakan ketimbang jumlah air yang masuk dalam sehari.

Dalam satu hari kita tetap membutuhkan 8 gelas air atau 2 liter saat puasa. Jumlah ini tidak bisa dikurangi dengan alasan apa pun termasuk tidak bisa minum saat siang hari.

Nah, agar kebutuhan air putih ini tetap terpenuhi dengan baik, kita disarankan untuk mengaturnya. Kita harus membagi air yang akan dikonsumsi itu mulai dari sahur, berbuka puasa, dan sebelum tidur.

Kalau Anda ingin mencukupi kebutuhan air harian, coba simak ulasan di bawah ini. DokterSehat telah merangkut beberapa info termasuk bahaya kekurangan air saat puasa.

Cara mencukupi kebutuhan air

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, kita butuh 8 gelas air putih setiap harinya. Ingat, air putih, bukan air sirop atau air gula. Kalau Anda minum es teh 8 gelas justru berbahaya untuk tubuh.

Untuk mencukupi kebutuhan air, Anda disarankan untuk melakukan pembagian. Bagi 8 gelas air menjadi komposisi 3-3-2 (versi lain ada 2-4-2).

Kita disarankan untuk minum air hingga 3 gelas saat sahur. Minum air putihnya tanpa ada tambahan apa pun. Anda bisa minum air dalam suhu ruangan atau hangat.

Saat sahur asupan air putih memang dibuat lebih banyak karena kita tidak akan minum selama 13 jam. Selain itu, kita akan mudah BAB dan anti sembelit.

Selanjutnya minum air putih saat sedang berbuka puasa 3 gelas. Minum sesaat setelah azan, setelah makan berat, dan sebelum salat tarawih. Anda bisa membagi sendiri kebutuhan air putih yang pas saat berbuka puasa.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed