by

Tips Menjalankan Puasa Saat Traveling

doktersehat traveling saat puasa
photo credit: Pexels by Riccardo

DokterSehat.Com – Sebagian besar orang selalu menganggap puasa adalah halangan untuk bisa lebih aktif. Padahal, dengan berpuasa pun tubuh tetap sehat dan bisa aktif melakukan apa saja.

Puasa bukan halangan untuk melakukan berbagai aktivitas seru dan menantang seperti traveling. Anda masih bisa melakukan aktivitas itu dengan baik, tapi dengan beberapa syarat.

Nah, kalau Anda tahu seperti apa syarat yang bisa dilakukan agar saat pelesir, tubuh tetap sehat, kuat, dan puasanya bisa pol. Simak beberapa tips traveling saat menjalankan puasa di bawah ini dengan saksama ya.

  1. Memilih lokasi yang tepat

Sebelum Anda memutuskan untuk pelesir saat puasa, ada beberapa hal yang harus Anda sadari dan pahami. Saat puasa asupan nutrisi akan turun khususnya siang hari saat kita tidak makan dan minum selama 13 jam lebih.

Asupan nutrisi yang kurang ini tentu bisa menurunkan energi dan stamina. Anda bisa cepat lelah dengan perjalanan yang tidak terlalu berat.

Kalau tubuh tidak kuat saat melakukan penjelajahan, Anda bisa saja pingsan atau lemas. Kondisi ini tentu tidak menguntungkan karena rencana perjalanan bisa gagal total.

Sebelum melakukan perjalanan coba pilih lokasi ya g tepat. Kalau kita sedang lemas tidak mungkin melakukan trekking ke gunung. Selanjutnya Anda juga tidak mungkin ke pantai untuk berpanas-panasan dan tubuh jadi dehidrasi.

  1. Sahur yang cukup

Saat sedang sahur, makanlah yang cukup dan usahakan nutrisinya yang lengkap. Jangan hanya minum air putih saja karena melakukan sahur on the road.

Kalau ingin traveling dengan lancar, penuhi semua nutrisi yang dibutuhkan mulai dari lemak, protein, dan karbohidrat. Sebisa mungkin makan sahurnya tetap menggunakan kaidah empat sehat lima sempurna.

Energi yang besar di dalam tubuh akan membuat Anda jadi kuat. Bahkan meski harus berjalan di bawah terik matahari pun puasa masih bisa berjalan dengan lancar.

  1. Minum air yang cukup

Minum air putih yang cukup setiap harinya khususnya menjelang keberangkatan. Saat sahur pastikan untuk minum sebanyak 3-4 gelas air putih tanpa terlewat.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed