by

Untuk Penderita Hipertensi, Ini 5 Tips Jitu Mengurangi Asupan Garam

DokterSehat.Com– Saat mengalami hipertensi, apa yang kita konsumsi akan memengaruhi tekanan darah tubuh kita. Salah satu zat gizi yang harus mendapatkan perhatian adalah garam.

doktersehat-garam-dapur-yodium-giziNational Heart, Lung and Blood Institute menyebutkan bahwa pengaturan asupan makanan, utamanya kandungan garam atau sodium, menjadi salah satu kunci keberhasilan penanganan hipertensi. Beberapa cara yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension).

Penerapan DASH diet umumnya berprinsip pada pembatasan asupan garam, mengurangi asupan makanan rendah lemak dan pemilihan bahan makanan kaya serat seperti sayur dan buah.

Pemilihan jenis bahan makanan seperti sayur dan buah, lazimnya mudah untuk kita terapkan. Namun untuk menerapkan prinsip rendah sodium, yang merupakan prinsip paling penting dalam hipertensi, diperlukan kecermatan yang tepat agar asuapan garam dalam tubuh bisa sesuai dengan kebutuhan.

Maka dari itu kita perlu mengetahui beberapa cara mudah untuk mengurangi asupan garam pada tubuh. Menurut British Dietitian Associaton, beberapa tips yang bisa dilakukan adalah:

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed