by

Waspada, Inilah 3 Tanda Sendawa Tak Normal

sendawa-tak-normal-doktersehat
photo credit: pixabay.com

DokterSehat.Com– Sendawa adalah salah satu cara mengeluarkan gas atau angin secara alami dari dalam tubuh. Setiap orang pasti pernah bersendawa, tak terkecuali bayi sekalipun. Selain itu, sendawa juga dianggap sebagai salah satu kebiasaan yang jorok dan tidak sopan oleh sebagian orang karena mengeluarkan aroma tak sedap.

Normalnya, sendawa akan dialami ketika seseorang sedang dalam keadaan kenyang atau selesai makan. Namun, tidak menutup kemungkinan pula seseorang akan bersendawa secara tak normal. Sendawa yang tak normal itu biasanya yang keluar secara berlebihan dengan beberapa tanda lainnya. Jika sudah mengalami hal tersebut, maka kondisi tubuh pun harus diperhatikan. Pasalnya, sendawa yang tak normal adalah sebuah indikasi bahwa tubuh sedang mengalami masalah kesehatan yang serius.

Adapun sendawa yang tak normal, sebagai berikut:

1. Sendawa Disertai Muntah

Yang dikeluarkan ketika sendawa adalah gas, bukan materi atau zat lainnya. Sehingga sendawa yang normal adalah mengeluarkan gas saja. Jika Anda bersendawa dan disertai keluarnya makanan dari mulut, alias muntah, maka Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter. Pasalnya, tanda ini bisa mengindikasikan bahwa Anda sedang mengalami penyumbatan usus.

2. Sendawa Berlebihan

Dari berbagai penelitian, disebut bahwa setiap orang normalnya akan bersendawa sebanyak 10-20 kali dalam sehari. Selain itu, sendawa juga memiliki durasi yang bervarian, dari yang pendek hingga panjang. Namun, ketika Anda melakukan sendawa lebih dari 20 kali dalam sehari dengan durasi sendawa yang panjang, maka Anda harus waspada. Sebab itu adalah pertanda bahwa lambung Anda sedang bermasalah. Untuk itu, segeralah periksakan diri ke dokter.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed